Program Pendidikan Luar Sekolah

PROGRAM PLS
Pendidikan diluar sekolah adalah kegiatan pendidikan yang dilaksanakan diluar sistem persekolahan. Dari istilah tersebut sudah jelas bahwa program pendidikan luar sekolah luluh dan bersenyawa ditengah-tengah.
Mengingat masyarakat heterogenitas latar belakang usia, sosial budaya, pengetahuan, kemampuan dari sasaran pendidikan luar sekolah maka dalam pendidikan luar sekolah dilaksanakan berbagai program yang dapat mewadai dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Berbagai program pendidikan luar sekolah yang berkembang saat ini antara lain :
Pendidikan kecakapan hidup
Program kecakapan hidup ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan yang telah dimiliki warga masyarakat agar dapat mengembangkan kemampuannya untuk berusaha secara mandiri sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
Pendidikan ketrampilan dan pelatihan kerja
Kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan bekal kemampuan dibidang tertentu kepada warga masyarakat yang berkeinginan memiliki ketrampilan, meningkatkan kemampuan yang belum diperoleh dari bangku pendidikan melalui berbagai pelatihan untuk mempersiapkan peserta dalam memasuki dunia kerja.
Pendidikan anak usia dini
Masa depan bangsa dan negara banyak ditentukan dari keberhasilan dalam menyiapkan sumber daya menusia sidini mungkin. Program ini dilaksanakan dalam bentuk kelompok bermain, taman penitipan anak, dan berbagai bentuk lainnya.
Pendidikan pemberdayaan perempuan
Program yang dikembangkan secara khusus pada wanita usia produktif untuk dapat berperan dalam berbagai aspek kehidupan sehingga memiliki kesejajaran melalui berbagai bentuk kegiatan agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang dapat mengangkat derajat hidup dan kehidupan kaum perempuan.
Pendidikan keaksaraan
Pendidikan keaksaraan merupakan pengembangan dari program pemberantasan buta huruf yang pernah dilaksanakan. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan keasaraan dasar warga masyarakat buta aksara sesuai dengan minat dan kebutuhan hidupnya sehingga memiliki kemampuan baca tulis dan memiliki keterampilan fungsional untuk menopang hidupnya.
Pendidikan kesetaraan
Pelayanan pendidikan bagi warga masyarakat yang tidak melanjutkan kejenjang sekolah lebih tinggi, drop out sekolah antar jenjang yang berkeinginan memiliki kemampuan dan pengetahuan setara dengan pendidikan sekolah sesuai dengan jenjang tingkatan masing-masing. Program pendidikan kesetaraan meliputi kegiatan paket A setara SD, paket B setara SMP dan paket C setara SMA.
Program pendidikan luar sekolah tersebut merupakan sebagian dan akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan masa.
Pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga keberhasilan pelaksanaan pendidikan tidak hanya dibebankan pada pelaku pendidikan tapi menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga.
Tantangan bagi para pelaku kegiatan pendidikan luar sekolah adalah menjadikan PLS sebagai bagian dari kebutuhan warga masyarakat untuk meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi tantangan hidup.
Penulis adalah penilik PLS
UPT Diksas LS Kecamatan Mojosongo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis saran dan kritik Anda disini